Festival Bakar Tongkang 2022 Umat Khonghucu Terselenggara Dengan Meriah

Bakar Tongkang

topmetro.news – Festival Bakar Tongkang 2022 umat Khonghucu Terselenggara Dengan sukses atas dukungan dari pemerintah kabupaten Deli Serdang, Kodim 0204 Deli Serdang, Balai Wilayah Sungai Sumatera ll. Acara ritual keagamaan Khonghucu Klenteng Ling Shen Miau Lubuk Pakam selama dua hari berturut-turut 21 Agustus 2022.

Acara hari pertama dimulai pukul 9.30 wib dengan acara ritual sembahyang baru kemudian pembakaran Chau Tu dan Pho To (ritual bakar rumah dan kertas sembahyang).

Acara puncak ritual bakar kapal Tongkang dimulai pukul 10.15wib keesokan harinya (21/8/022) Dimulai dengan doa-doa untuk para leluhur, kemudian acara pertunjukan Barongsai kemudian pertunjukan ilmu kekebalan tubuh/debus yang ditampilkan umat Hindu Kawel Dewam pimpinan Murti.

Pada pukul 14.20 pengguntingan pita pelepasan kapal Tongkang dilakukan oleh sekertaris Camat Lubuk Pakam Yudi Aditya S.Ssp untuk diarak keliling kota Lubuk Pakam, baru kemudian dibawa ke sungai Serdang tepat nya di Bendungan Serdang Desa Aras Kabu kecamatan Beringin

Sesampainya dititik lokasi rombongan arak arakan langsung disambut oleh sekcam Beringin Iskandar Sahyuti S.Sos MAP. Wakapolsek Beringin iptu Sulino dan Dandim 0402 Deli Serdang Letkol Yoga Febrianto SH, MSI mengatakan,
Saya sangat mengapresiasi dan menyambut serta mendukung acara keagamaan umat Khonghucu ini, jadikanlah ini menjadi momentum untuk mempererat silaturahmi antar sesama umat dan silaturahmi antar umat beragama supaya Deli Serdang yang kita cintai ini tetap aman dan kondusif, dan semoga kegiatan ini bisa mendongkrak pariwisata,” ujarnya.

Paijan selaku pemilik kelenteng Ling Shen Miau mengatakan, “Saya atas nama panitia mengucapkan ribuan terimakasih kepada semua pihak Yang mendukung terlaksananya acara ini mulai dari pemerintah, kepolisian, Kodim dan masyarakat luas terkhusus PARAKHIN(Perkumpulan Rohaniawan Agama Khonghucu Indonesia)yang ambil bagian dalam acara ini,” tutupnya.

Reporter | Fauzi Hasibuan

Related posts

Leave a Comment